RAJA-RAJA JAWA KUNO

Kerajaan Keling di Jawa Timur
1. Prabhu Wasumurti 594-605
2. Prabhu Wasugeni 605-632
3. Prabhu Wasudewa 632-652
4. Prabhu Wasukawi 652-

Kerajaan Keling di Jawa Tengah
1. Prabhu Kirathasingha 632-648
2. Prabhu Kartikeyasingha sang mokteng Mahamerwacala 648-674
3. Sri Maharani Mahisasuramardini Satyaputikeswara (Dewi Shimha) 674-695
Kerajaan dibagi dua:

A. Kerajaan Bhumi Sambhara (Keling)
1. Rakryan Narayana Prabhu Iswarakesawalingga Jagatnata Bhuwanatala 695-742
2. Rakryan Dewasingha Prabhu Iswaralingga Jagatnata 742-760
3. Rakryan Limwana Prabhu Gajayanalingga Jagatnata 760-789
4. Dewi Satyadarmika (Uttejana!) menikah dengan Rakai Panangkaran

B. Kerajaan Bhumi Mataram (Medang)
1. Rani Dewi Parwati Tunggalpratiwi 695-709
2. Dewi Sannaha 709-716
3. Sang Bratasennawa (Sanna) 716-732
4. Prabhu Sanjaya Ksatrabhimaparakrama Yudhenipuna Bratasennawaputra (Rakai Medang Sang Ratu Sanjaya) 732-754
5. Sri Maharaja Rakai Panangkaran Dyah Sangkara Tejahpurnapana Panangkarana 754-782

Wangsa Sailendra
a. Sri Maharaja Dharanindra Sang Prabhu Sri Wirawairimathana (raja daerah di Bhumisambara 755-782) 782-801
b. Sri Maharaja Samaratungga (Samaragrawira) 801-846
c. Pramodawardhani (Sri Kahulunan) menikah dengan Rakai Pikatan

6. Rakai Panunggalan Lingganagarottama (Prabhu Dyah Panunggalan Bhimaparakrama Linggaprawita Jawabhumandala) 782-800
7. Rakai Warak Dyah Watukura Lingganarottama Satyajayabhumi 800-819
8. Rakai Garung Dang Rakarayan Patapan Pu Palar 819-840
9. Rakai Pikatan Dyah Kamulyan Sang Prabhu Linggeswara Sakalabhumandala 840-856
10. Rakai Kayuwangi Dyah Lokapala (Sri Maharaja Kayuwangi Tunggalkawasa Sakalabhumi / Sri Maharaja Rakai Kayuwangi Sri Sajanotsawatungga) 856-886
11. Sri Maharaja Gurunwangi Dyah Saladu & Rakai Gurunwangi Dyah Ranumanggala 886-890
12. Sri Maharaja Rakai Limus Dyah Dewendra 890-896
13. Sri Maharaja Rakai Watuhumalang (Pu Tguh!) 896-898
14. Sri Maharaja Rakai Watukura Dyah Balitung Sri Dharmodaya Mahasambhu (Sri Iswarakesawa Samarottungga) 898-910
15. Sri Maharaja Sri Daksottama Bahubajra Pratipaksaksaya (Rakai Kalungwarak Pu Daksa) 910-919
16. Sri Maharaja Rakai Layang Dyah Tulodong Sri Sajjana Sanmattanuragatunggadewa 919-924
17. Sri Maharaja Rakai Pangkaja/Sumba Dyah Wawa Sri Wijayalokanamotungga 924-929
18. Sri Maharaja Rakai Hino Pu Sindok Sri Isanawikramadharmotunggadewa 929-947
19. Rani Sri Isanatunggawijaya & Sri Lokapala 947-960!
20. Sri Maharaja Makutawangsawardhana 960!-980!
21. Sri Isana Dharmawangsa Teguh Anantawikramottunggadewa (Sang Apanji Wijayamertawardhana) 980!-1016
22. Sri Maharaja Rakai Halu Sri Lokeswara Dharmawangsa Airlangga Anantawikramotunggadewa 1019-1043
Kerajaan dibagi 2, Pangjalu dan Janggala.

Versi Prasasti Wanua Tengah III 830 S (1 Oktober 908)
1. Rahyangta ri Mdang (Rakai Mataram Sang Ratu Sanjaya)
2. Rahyangta i Hara
3. Rakai Panangkaran 7 Oktober 746- 1 April 784
4. Rakai Panaraban 1 April 784- 28 Maret 803
5. Rakai Warak Dyah Wanara 28 Maret 803- 5 Agustus 827
6. Dyah Gula (hanya 6 bulan) 5 Agustus 827- 24 Januari 828
7. Rakai Garung 24 Januari 828- 22 Februari 847
8. Rakai Pikatan Dyah Saladu 22 Februari 847- 27 Mei 855
9. Rakai Kayuwangi Dyah Lokapala 27 Mei 855- 5 Februari 885
10. Dyah Tagwas (hanya 8 bulan) 5 Februari - 27 September 885
11. Rakai Panumwangan Dyah Dewendra 27 September 885- 27 Januari 887
12. Rakai Gurunwangi Dyah Bhadra (hanya 1 bulan) 27 Januari - 24 Februari 887
13. Rakai Limus Dyah Dewindra 887-894
14. Rakai Wungkalhumalang Dyah Jbang 27 November 894-23 Mei 898
15. Rakai Watukura Dyah Balitung 23 Mei 898- ?

Kerajaan Janggala
1. Sri Maharaja Mapanji Garasakan 1041/3-1049
2. Sri Maharaja Sri Samarotsaha Karnnakeshana Ratnasangkha Kirttisingha Jayantaka Tunggadewa 1049-1059
3a. Sri Maharaja Garasakan (Raja Janggala-Pangjalu) 1049-1052
3b. Sri Maharaja Mapanji Alanjung Ahyes Makoputadhanu Sri Ajnajabharitamawakana (Raja Janggala-Pangjalu) 1052-1059
4. Sri Maharaja Rake Hino Sri Kretapati 1059- ?

Kerajaan Pangjalu (Kadiri)
1. Sri Samarawijaya Dhanasuparnnawahana Tguh Uttunggadewa 1041/3-1049
2a.Sri Maharaja Jitendrakara Wuryyawiryya Parakrama Bhakta 1051 (Prasasti Mataji)
2b. Mapanji Alanjanung 1049-1052
3. Sang Jayawisesa Digjayasastraprabhu 1052-1102
4. Sri Maharaja Jayabhuwana Keshananantawikramottunggadewa 1102-1104
5. Sri Maharaja Jayawarsa Digjayasastraprabhu 1104-1115
6. Sri Maharaja Rake Sirikan Sri Parameswara Sakalabhuwana 1115-1117
7. Sri Maharaja Rake Sirikan Sri Bameswara Sarwwayasa Wiryjanagara 1117-1135
8. Sri Maharaja Sri Warmmeswara (Jayabhaya) 1135-1159
9. Sri Maharaja Rake Sirikan Sri Sarwweswara 1159-1169 (1171!)
10. Sri Maharaja Rake Hino Sri Aryyeswara 1169-1181
11. Sri Maharaja Sri Kroncaryyadipa Sri Gandra 1181-1182(1185!)
12. Sri Maharaja Kameswara Triwikrama 1182-1194(!)
13. Sri Maharaja Sarwweswara (Srengga) 1194-1205(!)
14. Sang Prabhu Kretajaya (Prabhu Dangdanggendis) 1205(!)-1222
15. Sang Prabhu Jayasabha 1222-1258
16. Sang Prabhu Sastrajaya 1258-1271
17. Sang Prabhu Jayakatwang 1271-1293

Kerajaan Tumapel (vasal Panjalu)
1. Tunggul Ametung 1218-1220
2. Ken Arok 1220-1222
Kerajaan Tumapel di Kutaraja
1. Sri Rajasa Bhattara Sang Amurwabhumi (Ranggah Rajasa atau Bhatara Siwa) 1222-1227 kerajaan dibagi 2:
A. Kerajaan Panjalu di Daha
1. Mahisa Wongateleng (Bhatara Parameswara) 1227- !
2. Nararya Guning Bhaya (Agni Bhaya) ! - !
3. Nararya/Panji Tohjaya ! -1250
Kerajaan Tumapel di Kutaraja & Singhasari(1254)
1. Sang Anusapati (Anusanatha) 1227-1248
2. Sri Jaya Wisnuwarddhana (Mapanji Sminingrat/Ranggawuni) 1248-1268
3. Sri Maharajadhiraja Sri Kertanagara Wikramadharmottunggadewa (Sri Maharaja Sri Lokawijaya Purusottama Wiraasta Basudewadhipa Aniwariwiryanindita Parakrama Murdhaja) 1268-1292

Kerajaan Majapahit
1. Sri Kertarajasa Jayawarddhana Anantawikrama Uttunggadewa (Nararya Sanggramawijaya atau Sri Harsawijaya) 1293-1309
2. Sri Jayanagara atau Kalagemet (Sri Sundarapandyadewadhiswaranamarajabhiseka Wikramottunggadewa) 1309-1328
3. Sri Tribhuwanottunggaraja Anantawikramottunggadewi (Tribhuwanattunggadewi Jayawisnuwarddhani atau Tribhuwanawijayattunggadewi) 1328-1351
4. Maharaja Sri Rajasanagara Bhra Hyang Wekas ing Sukha (Hayam Wuruk atau Rajasarajaya) 1351-1389
5a. Wikramawarddhana (Bhra Hyang Wisesa Aji Wikrama atau Raden Gagaksali) Raja Kedaton Kulon 1389-1429
5b. Kusumawarddhani (Raja Kedaton Kulon) 1400-1401
6a. Paduka Parameswara Sri Wijayarajasa (Raja Kedaton Wetan) 1376-1398
6b. Bhre Wirabhumi (Raja Kedaton Wetan) 1398-1406
7. Suhita (Prabhu Stri) 1429-1447
8. Sri Maharaja Wijayaparakramawarddhana Dyah Kertawijaya (Bhre Tumapel atau Prabhu Brawijaya) 1447-1451
9. Sri Rajasawarddhana Sang Sinagara (Bhre Pamotan) 1451-1453
Interregnum 1453-1456
10. Girisawarddhana Dyah Suryawikrama Bhra Hyang Purwawisesa (Bhre Wengker) 1456-1466
11. Sri Singhawikramawarddhana Dyah Suraprabhawa (Bhre Pandan Salas atau Bhre Kertabhumi) 1466-1478

Kerajaan Keling
1. Girindrawarddhana Dyah Wijayakarana Sang Mokta ring Amretawisesalaya (Bhre Mataram) 1478-1482
2. Girindrawarddhana Singhawarddhana Dyah Wijayakusuma Sang Mokta ring Mahalayabhawana (Bhre Pamotan) 1483-1486
3. Girindrawarddhana Dyah Ranawijaya (Bhatara Wijaya atau Bhre Kertabhumi) 1486-1527

Kerajaan Supiturang di Sengguruh
1. Arya Terung 1527-1544
2. Rangga Pramana (Raden Pramana) 1544-1545

Kerajaan Sriwijaya 500-1088
1. Dapunta Hyang Sri Jayanasa 669-692
2. Sri Maharaja Dewadharmaputra 692-704
3. Sri Maharaja Dharmmapara 704-711
4. Sri Maharaja Lokitawarman 711-718
5. Sri Maharaja Indrawarman 718-730
6. Sri Maharaja Wisnuwarman 730-755
7. Sri Maharaja Dharmmasetu 755-782
8. Sri Maharaja Dharanindra (Sri Wirawairimathana) 782-801
9. Sri Maharaja Samarottungga 801-846
10. Sri Maharaja Balaputradewa 846- ?
11. Sri Maharaja Udayadityawarman ? - ?
12. Sri Maharaja Sudamaniwarmandewa ? -1005
13. Sri Maharaja Marawijayotunggawarman 1005-1018
14. Sri Maharaja Sanggramawijayottunggawarman 1018-1027
15. Sri Maharaja Indradewakulottungga 1027-1064
16. Sri Maharaja Dharmmawira 1064- ?
17. Sri Maharaja Dharmmajaya ? -1088

Daftar Pustaka
1. Sundakala.2005.Ayatrohaedi
2. Sejarah Nasional Indonesia Jilid II.1984
3. Sedjarah Indonesia Djilid IB IC.1961.Dra Satyawati Suleiman
4. Tafsir Sejarah Nagarakretagama.1979.Prof.Dr.Slametmuljana
5. Sriwijaya..Prof.Dr.Slametmuljana
6. Kerajaan Sriwijaya.1983.Nia Kurnia Sholihat Irfan
7. Kuntala Sriwijaya Suwarnabhumi.1981.Prof.Dr.Slametmuljana
8. Masa Akhir Majapahit Girindrawarddhana dan Masalahnya.2009 Hasan Djafar
9. Runtuhnya Kerajaan Hindu-Jawa dan Timbulnya Negara-negara Islam di Nusantara.2008.Prof.Dr.Slametmuljana
10. Kerajaan-kerajaan Islam di Jawa Peralihan dari Majapahit ke Mataram.1974.Dr.H.J. de Graaf & Dr.Th.G.Th. Pigeaud
11. Review Buku Pemugaran Persada Sejarah Leluhur Majapahit karya Prof.Dr. Slametmuljana.1983.Nia Kurnia Sholihat Irfan
12. Cina Muslim di Jawa Abad XV dan XVI Antara Historisitas dan Mitos.1998.H.J. de Graaf dkk
13. 700 Tahun Majapahit (1293-1993) Suatu Bunga Rampai.1998.
14. http://www.artshangkala.wordpress.com/
15. http://www.prabujayadiningrat.wordpress.com/
16. http://irfananshory.blogspot.com/
Baca Selanjutnya ..

RAJA-RAJA DI PASUNDAN

Kerajaan Salakanagara
1. Sang Prabhu Dharmalokapala Dewawarman Haji Raksagapurasagara 130-168
2. Sang Prabhu Digwijayakasa Dewawarmanputra 168-195
3. Sang Prabhu Singhasagara Bhimasatyawirya 195-238
4. Sang Prabhu Dharmasatyanagara 238-252
5. Sang Prabhu Amatya Sarwajala Dharmasatya Jayawaruna Dewawarman 252-276
6. Sang Rani Mahisasuramardhini Warmandewi 276-289
7. Sang Prabhu Ghanayanadewa Linggabhumi 289-308
8. Sang Prabhu Bhimadigwijaya Satyaganapati 308-340
9. Sang Krodamaruta (hanya 3 bulan) 340
10. Sang Rani Spatikarnawa Warmandewi 340-348
11. Sang Prabhu Dharmawirya Sakalabhuwana Dewawarman 348-363

Kerajaan Tarumanagara
1. Maharesi Rajadhirajaguru Jayasinghawarman Gurudharmapurusa 358-382
2. Rajaresi Dharmayawarmanguru 382-395
3. Sri Maharaja Purnawarman Sang Iswara Digwijaya Bhimaparakrama Suryamahapurusa Jagatpati Purandarasaktipura Wiryajaya Linggatriwikrama Bhuwanatala (Sri Purnawarman Bhimaparakrama Narendradhipa) 395-434
4. Sri Maharaja Wisnuwarman Iswara Digwijaya Tunggal Jagatpati Sang Purandarasutah 434-455
5. Sri Maharaja Indrawarman Sang Paramartha Saktimahaprabhawa Lingga Triwikrama Bhuwanatala 455-515
6. Sri Maharaja Candrawarman Sang Hariwangsa Purusasakti Mahasuralaghawa Paramartha 515-535
7. Sri Maharaja Suryawarman Sang Mahapurusa Bhimaparakrama Hariwangsa Digwijaya Bhuwanatala 535-561
8. Sri Maharaja Kretawarman Mahapurusa Hariwangsa Digwijaya Sakalabhumandala 561-628
9. Sri Maharaja Sudhawarman Mahapurusa Sang Paramartha Resi Hariwangsa 628-639
10. Sri Maharaja Dewamurtyatma Hariwangsawarman Digwijaya Bhimaparakrama (Sang Dewamurti Atmahariwangsadigwijaya Bhimaparakrama) 639-640

11. Sri Maharaja Nagajayawarman Dharmasatya Cupujayasatru 640-666
12. Sri Maharaja Linggawarman Atmahariwangsa Panunggalan Tirthabhumi 666-669

Kerajaan Kendan
1. Resiguru Manikmaya 526-568
2. Sang Suralimansakti (Karmadharaja Bhimaparakrama) 568-597

Kerajaan Medangjati (Medanggana)
1. Sang Kandihawan Sang Layuwatang (Rahiyang Dewaraja/Rajarsi di Medangjati/Sang Bhatara Wisnu ring Medanggana) 597-612

Kerajaan Galuh
1. Rajaresi Wretikandayun 612-702
2. Rahyang Mandiminyak (Amara) 702-709
3. Sang Prabhu Bratasenawa Rajaputra Linggabhumi (Sanna atau Sang Salah) 709-716
4. Prabhu Purbasora Jayasakti Mandraguna 716-723
5. Maharaja Harisdharma Sang Sanjaya (Rakryan Jambri) 723-732
6. Permana Dikusuma 732
7. Rahyang Tamperan Raden Barmawijaya 732-739
8. Prabhu Jayaprakosa Mandaleswara Salakabhuwana (Sang Manarah atau Sang Surotama) 739-783
9. Sang Prabhu Dharmasakti Wirajaleswara (Sang Manisri) 783-799
10. Prabhu Kertayasa Dewakuraleswara (Sang Tariwulan) 799-806
11. Prabhu Brajanagara Jayabhuwana (Sang Welengan) 806-813
12. Sang Prabhu Linggabhumi 813-852
13. Danghyang Guru Wisuddha 852-920
14. Prabhu Jayadrata 921-949
15. Prabhu Harimurtti 949-966
16. Prabhu Yuddhanagara 966-988
17. Prabhu Linggasakti 988-1012
18. Resiguru Dharmmasatyadewa 1012-1027
19. Prabhu Arya Tunggalningrat 1065-1091
20. Resiguru Bhatara Hyang Purnajaya 1091-1111
21. Bhatara Hyang Janawati 1111-1152
22. Prabhu Dharmmakusuma 1152-1157
23. Prabhu Guru Dharmmasiksa 1157-1297
24. Rakeyan Saunggalah 1297-1303
25. Maharaja Citragandha 1303-1311
26. Maharaja Linggadewata 1311-1333
27. Maharaja Ajiguna 1333-1340
28. Maharaja Ragamulya 1340-1350
29. Prabhu Maharaja Linggabhuwana 1350-1357
30. Mangkubhumi Suradhipati 1357-1371
31. Niskalawastu Kancana 1371-1475
32. Dewaniskala atau Ningratkancana 1475-1482
33. Prabhu Ningratwangi 1482-1501
34. Prabhu Jayaningrat 1501-1528

Kerajaan Indraprahasta di Cirebon
1. Prabhu Resi Santanu Indraswara Sakalakretabhuwana 363-398
2. Prabhu Resi Jayasatyanagara 398-421
3. Prabhu Resi Wiryabanyu 421-444
4. Prabhu Warna Dewaji 444-471
5. Prabhu Warna Hariwangsa 471-507
6. Prabhu Tirta Manggala Dhannagiriswara 507-526
7. Prabhu Asta Dewa 526-540
8. Prabhu Senapati Jayanagranagara 540-546
9. Prabhu Resi Dharmayasa 546-590
10. Prabhu Andabhuwana 590-636
11. Prabhu Wisnumurti 636-661
12. Prabhu Tunggulnagara 661-707
13. Prabhu Resi Padmahariwangsa 707-719
14. Prabhu Wiratara 719-723

Kerajaan Sunda I
1. Sri Maharaja Tarusbawa Dharmawaskita Manunggalajaya Sundasembawa 669-723
2. Prabhu Harisdharma Bhimaparakrama Prabhu Maheswara Sarwajita Sastrayudha Purnajaya (Rahyang Sanjaya) 723-732
3. Rakryan Panaraban atau Rahyang Tamperan Raden Barmawijaya sang mokteng Rana 732-739
4. Prabhu Kertabhuwana Yasawiguna Hajimulya (Rakeyan Banga) 739-766
5. Rakryan Medang Sang Prabhu Hulukujang 766-783
6. Rakryan Hujungkulwan Sang Prabhu Gilingwesi 783-795
7. Rakryan Diwus Sang Prabhu Pucukbhumi Dharmeswara 795-819
8. Rakryan Wuwus Sang Prabhu Gajahkulwan 819-891
9. Arya Kadatwan Sang Prabhu Dharmaraksa Sakalabhuwana 891-895
10. Rakryan Windusakti [Sang Wisnusakti] Sang Prabhu Dewagong Jayengbhuwana 895-913
11. Rakryan Kamuninggading Sang Prabhu Pucukwesi sang mokteng Hujungcariang 913-916
12. Rakryan Jayagiri Sang Prabhu Wanayasa 916-942
13. Rakryan Watwagong Sang Prabhu Resi [Jatmaya] Atmajadharmahariwangsa 942-954
14. Sang Prabhu Limburkancana sang mokteng Galuh Pakwan 954-964
15. Rakryan Sundasembhawa Sang Prabhu Mundingganawirya Tapakmanggala Jayasatru 964-973
16. Rakryan Jayagiri Sang Prabhu Wulunggadung [Walunggading] sang mokteng Jayagiri 973-989
17. Rakryan Genda[i]ng Sang Prabhu Brajawisesa (Jayawisesa) 989-1012
18. Sang Prabhu Dewasanghyang sang mokteng Patapan 1012-1019
19. Sang Prabhu Sanghyangagung sang mokteng Situ Sanghyang 1019-1030
20. Sang Prabhu Sanghyang Maharaja sang mokteng Winduraja (Prabhu Satyamaharaja Sri Jayabhupati Jayamanahen Wisnumurti Samarawijaya Bhuwanamandaleswarawaranindita Harogowardhana Wikramattunggadewa) 1030-1042
21. Prabhu Dharmaraja Jayamanahen Wisnumurti Sakalasundabhuwana 1042-1064
22. Prabhu Langlangbhumi sang mokteng Kreta  1064-1154
23. Rakryan Jayagiri Sang Prabhu Menakluhur Langlangbhumisutah 1154-1156
24. Prabhu Dharmakusuma sang mokteng Winduraja 1156-1175
25. Prabhu Guru Dharmasiksa Sang Paramarmartha Mahapurusa (Prabhu Sanghyang Wisnu) di Saunggalah  1175-1187

Kerajaan Sunda II (Pajajaran)
26. Prabhu Guru Dharmasiksa (Prabhu Sanghyang Wisnu) 1187-1297
27. Rakryan Saunggalah Prabhu Ragasuci sang mokteng Taman 1297-1303
28. Sang Prabhu Citragandha Bhuwaraja sang mokteng Tanjung 1303-1311
29. Prabhu Linggadewata sang mokteng Kikis 1311-1333
30. Prabhu Ajiguna Linggawisesa sang mokteng Kiding 1333-1340
31. Sang Prabhu Ragamulya Luhurprabhawa (Sang Aki Kolot) 1340-1350
32. Prabhu Maharaja Linggabhuwanawisesa sang mokteng Bubat 1350-1357
33. Sang Prabhu Bunisora sang mokteng Gegeromas (Patih Amangkubhumi Suradhipati) 1357-1371
34. Prabhu Resi Bhuwana Tunggaldewata sang mokteng Nusalarang (Prabhu Niskalawastukancana)  1371-1475
35. Prabhu Susuktunggal Sang Haliwungan 1475-1482
36. Sri Baduga Maharaja sang mokteng Rancamaya 1482-1521
37. Prabhu Surawisesa Jayaprakosa 1521-1535
38. Prabhu Dewatabhuwanawisesa 1535-1543
39. Prabhu Sakti Sang Mangabatan (Ratu Sakti sang mokteng Pengpelengan) 1543-1551
40. Prabhu Nilakendra sang mokteng Majaya 1551-1567
41. Ratu Ragamulya Prabhu Suryakancana  1567-1579

Daftar Pustaka
1. Sundakala.2005.Ayatrohaedi
2. Jakartaku Jakartamu Jakarta Kita.1987.Lasmidjah Hadi
3. Babad Tanah Betawi.2006.Ridwan Saidi
4. Sejarah Nasional Indonesia II.1984.
5. http://www.jayadiningrat.wordpress.com/
6. http://www.artshangkala.wordpress.com/
7. http://www.id.wikipedia.org/wiki/Kerajaan_Sunda
8. http://www.wacananusantara.org/
Baca Selanjutnya ..

Sri Pramodawardhani Tokoh Wanita Istimewa Pembangun Candi Wenuwana

       Dr.J.G. de Casparis, seorang ahli epigrafi (prasasti) Indonesia Kuno pernah mengatakan (Prasasti Indonesia I, 1950) bahwa tokoh Sri Pramodawardhani dari zaman Mataram Hindu, adalah identik dengan tokoh Sri Kahulunan. Nama Pramodawardhani (pramoda: kegembiraan, senang; wardhani: tumbuh, berkembang) terdapat dalam Prasasti Karangtengah (daerah Temanggung) yang berangka tahun 824 M dan nama Kahulunan (hulu: kepala; hulun: hamba) terdapat dalam Prasasti Tri i Tpusan yang berangka tahun 842 M. Kecuali itu di kompleks Candi Plaosan Lor juga terpahat empat buah nama Sri Kahulunan. Menurut pendapat de Casparis, Sri Pramodawardhani alias Sri Kahulunan berasal dari Wangsa Sailendra (Raja Gunung) yang beragama Budha, tetapi kemudian kawin dengan Rakai Pikatan (pikat: lekat, pikat) dari keturunan raja Sanjaya yang beragama Siwa. Perkawinan ini berlangsung sekitar tahun 832 M. Selanjutnya kedua orang tokoh tersebut bersama-sama mendirikan Candi Plaosan yang bercorak agama Budha.

                                                      Salah satu sudut candi Ngawen


        Tetapi perkawinan antara putri Budha (Pramodawardhani) dan putra Hindu (Rakai Pikatan) itu ditentang oleh Balaputra, saudara laki-laki Pramodawardhani. Maka terjadilah peperangan yang dahsyat antara Rakai Pikatan dan Balaputra. Peperangan itu terjadi di dataran Prambanan sekitar pertengahan abad IX Masehi. Balaputra terdesak dan kemudian mendirikan keraton atau benteng pertahanan di Bukit Boko (Candi Kraton Boko) yang terletak di sebelah selatan Prambanan. Tetapi karena terus terdesak akhirnya meninggalkan Jawa Tengah dan tiba-tiba sejarah mencatat Balaputra menjadi raja di Sumatera Selatan atau Sriwijaya (Casparis: Prasasti Indonesia II, 1956: 293-295). Rekonstruksi sejarah berdasarkan data prasasti kuno dari J.G. de Casparis itu cukup terkenal dan menarik perhatian para pakar sejarah Indonesia Kuno. Tetapi pendapat de Casparis yang menyamakan Sri Pramodawardhani dengan Sri Kahulunan, kemudian dibantah oleh M. Boechari yang mengatakan bahwa Sri Kahulunan bukannya permaisuri Rakai Pikatan, melainkan ibunya (Majalah Arkeologi, 1982: 15-20). Pendapat ini berdasarkan keterangan di dalam naskah Udyogaparwa, di mana Yudhisthira menggunakan sebutan Sri Kahulunan bagi ibunya, yaitu Kunti. Dengan demikian sri kahulunan bukannya berarti 'Yang Mulia Sri Ratu' ('here majesteit de koningin') melainkan 'Yang Mulia Ibu Suri' ('here majesteit de koningin moeder'). Dengan munculnya pendapat baru itu, maka tokoh Sri Pramodawardhani dan Sri Kahulunan merupakan dua tokoh putri Mataram Hindu yang berlainan, meskipun keduanya tampil dalam kurun waktu yang hampir bersamaan. Artinya Sri Pramodawardhani tampil dalam panggung peristiwa sejarah sekitar tahun 824 m (Karangtengah atau Kayumwungan) dan Sri Kahulunan tampil dalam sejarah sekitar tahun 842 M (Tri i Tpusan). Tokoh wanita Sri Kahulunan ini berkaitan dengan pembebasan tanah Tri i Tpusan (Tri Tpusan) untuk kepentingan bangunan suci (kamulan) di Bhumi Sambhara (cf. Candi Borobudur).

                                                                Candi Ngawen

        Prasasti Karangtengah (Kayumwungan) yang sekarang disimpan di Museum Jakarta (D.27 dan D.34) merupakan prasasti dwi-bahasa (bilingual inscription), yaitu menggunakan bahasa Sanskerta dan bahasa Jawa Kuno. Angka tahun prasasti batu itu berbentuk chronogram (sengkalan) dan berbunyi rasa sagara ksitidhara dan melambangkan angka 647 atau apabila dibalik menjadi 746 Saka (824 M). Perkataan rasa (rasa) bernilai 6, sagara (laut) 4, dan ksitidhara (gunung) bernilai 7. Bagian yang menggunakan bahasa Sanskerta antara lain menyebut nama raja Dinasti Sailendra bernama Samaratungga dan putrinya bernama Sri Pramodawardhani. Bagian yang berbahasa Jawa Kuno selain menyebut tahun 746 Saka juga menyebut seorang tokoh bernama Rakarayan Patapan pu Palar yang diduga merupakan suami Sri Kahulunan (Majalah Arkeologi, 1982; 18).
        Selanjutnya prasasti kayumwungan (nama desa dalam prasasti) memuat puji-pujian istimewa yang ditujukan kepada Pramodawardhani. Hal ini menunjukkan bahwa putri Pramodawardhani merupakan seorang putri Raja Samaratungga yang luar biasa. Artinya calon suami Pramodawardhani berhak atas tahta Mataram. Dikatakan pada bait 10 yang menggunakan bahasa Sanskerta bahwa Sri Pramodawardhani merupakan seorang putri yang cantik jelita dengan berbagai macam keistimewaan lainnya. Bagian itu berbunyi sebagai berikut:
Sa kantin candramaso gatin ca hamsat svaran ca kalavimkat
se.... nam harati sri mat pramodawardhanikhyata //10//.
Berarti:
"Kecantikannya diperoleh dari bulan purnama, lenggangnya dari angsa, dan suaranya dari burung kalawingka. Ia yang mulia bernama Pramodawardhani //10//.
       Keistimewaan Sri Pramodawardhani dari abad IX tersebut tidak hanya karena rupa yang cantik molek, lenggang yang menggiurkan (bagaikan angsa) dan suara yang merdu (bagaikan burung kalawingka), melainkan juga karena jasa-jasanya membangun candi bersama-sama ayahnya, Samaratungga. Candi yang dibangunnya itu merupakan candi agama Budha (Jinamandira) yang disebut Wenuwana atau Srimad Wenuwana, berarti 'Yang Mulia Candi Hutan Bambu'. Dalam bahasa Sanskerta wenu berarti: bambu dan wana: hutan. Timbul pertanyaan, di manakah letak Candi Wenuwana tersebut? Dengan pertimbangan tertentu J.G. de Casparis menyamakannya dengan Candi Mendut sekarang yang erat kaitannya dengan Candi Pawon dan Candi Borobudur. Tetapi pendapat de Casparis itu sebetulnya masih meragukan. Setidak-tidaknya dipandang dari segi arca Budha yang terdapat di dalam bilik Candi Mendut dan juga dari segi etimologi (asal kata) Wenuwana. Seperti telah diketahui di dalam bilik Candi Mendut terdapat arca Buddha yang menggambarkan sewaktu Sang Buddha Gautama untuk pertama kalinya mengajarkan agama Budha di dalam taman rusa Mrgadawa di kota Benares. Maka itu di bawah kaki Sang Budha juga terdapat gambar dhammacakra (roda agama, dunia) yang diapit oleh dua ekor rusa (mrga). Demikian pula sikap tangan Sang Budha Gautama disebut dharmmacakraprawartanamudra, yaitu sikap tangan (mudra) sewaktu memutar (prawarta) dharmma atau ajaran suci di dunia (dharmmacakra). Tetapi harus diketahui bahwa Wenuwana di India bukannya terdapat di kota Benares, melainkan di kota Rajgir yang letaknya 300 km dari Benares. Peristiwa Wenuwana berkaitan dengan Raja Ajatasatru setelah bertobat dan tunduk kepada Sang Buddha dan selanjutnya menyerahkan sebuah hutan bambu (wenuwana) yang indah kepada Sang Buddha. Sampai sekarang, tepatnya di sebelah barat Muntilan dan relatif tidak jauh dari Candi Mendut, masih terdapat sebuah candi agama Buddha yang disebut Candi Ngawen oleh penduduk setempat. Candi Ngawen ini terkenal dengan arca singa yang menopang setiap sudut bagian kaki candi. Dipandang dari segi etimologi perkataan Ngawen berasal dari awi (bambu) yang kemudian mendapat imbuhan an (cf. Ciawi, kota Ngawi yang keduanya berkaitan dengan awi, bambu). Dengan demikian sudah jelas bahwa Candi Ngawen berarti Candi Bambu dan nama itu mengingatkan kita kepada Wenuwanamandira, Candi Hutan Bambu yang pernah dibangun oleh raja Samaratungga bersama-sama putrinya, Sri Pramodawardhani.
       Lepas dari masalah benar tidaknya perkiraan ini, yang jelas tokoh putri Pramodawardhani merupakan seorang tokoh wanita zaman Mataram Hindu yang sungguh luar biasa. Selain mempunyai wajah yang cantik jelita, Pramodawardhani juga seorang tokoh wanita yang taat beragama dan mempunyai peranan penting dalam pembangunan candi. Pendek kata, wanita dalam masyarakat Jawa Kuno juga mendapat tempat yang layak dan wajar. Contoh lainnya, kecuali Sri Pramodawardhani, masih banyak lagi ditemukan dalam sejarah Indonesia kuno, dan menarik untuk dibicarakan.

Oleh M.M. Sukarto K. Atmodjo, Kartini no. 387
Baca Selanjutnya ..

Keadaan Masyarakat Kuna pada Masa Kadiri dan Masalah Penafsirannya

       Ada berbagai jenis sumber yang memberikan keterangan mengenai keadaan masyarakat Jawa Kuna pada masa Kadiri. Sumber-sumber itu adalah prasasti sezaman, kesusastraan sezaman, dan catatan Cina. Di samping sumber-sumber tertulis itu, ada pula sejumlah kecil peninggalan kepurbakalaan yang merupakan hasil karya zaman itu. Kesemuanya itu memerlukan tinjauan kritis pada waktu hendak menarik data darinya.
       Prasasti dan catatan Cina dapatlah ditempatkan sebagai sumber yang paling lugas memberikan kenyataan. Namun perlu diperhitungkan adanya kepentingan tertentu di balik penulisannya. Prasasti hanya memberitakan hal-hal yang penting bagi orang atau golongan yang mengeluarkannya, sedangkan catatan Cina yang lebih netral bertujuan membuat deskripsi semata; itu pun tentunya dibatasi oleh keasingan mereka di negeri ini sehingga yang ditonjolkannya adalah hal-hal yang menarik baginya.Lain pula sumber yang berupa karya kesusastraan. Pada hakikatnya ia adalah fiksi. Namun, penulisnya adalah seorang yang hidup dalam masyarakat, yang di samping berkhayal, tentu mengamati pula keadaan di sekitarnya. Dengan demikian, kita pun dapat berharap bahwa sedikit atau banyak keadaan masyarakat tempat ia hidup itu tercermin juga dalam karyanya. Dari ketiga jenis sumber tertera di atas dapat diketahui keadaan masyarakat Jawa Kuna pada masa Kadiri, yang dapat digambarkan secara ringkas sebagai berikut.

Administrasi Pemerintahan
       Penataan wilayah pada zaman Kadiri berbeda dengan masa-masa sebelumnya. Unit administrasi pemerintahan yang terkecil adalah desa, yang sampai dengan masa Sindok disebut wanua dan sejak masa Airlangga disebut thani. Sebelum zaman Kadiri, di atas pemerintahan desa ini terdapat langsung kekuasaan raja, baik ia bergelar Haji ataupun Sri Maharaja. Atas keadaan ini, terjadi perubahan pada zaman Kadiri. Nyata-nyata pada zaman ini ditegaskan adanya suatu kesatuan atau mungkin suatu koordinasi antara sejumlah thani. Kesatuan ini disebut wisaya punpunan (periksa prasasti-prasasti Hantan, Lawadan, dan Padlegan). Jumlah thani dalam suatu kesatuan wisaya tidaklah tetap. Bersama Hantan terdapat dua belas, bersama Lawadan sembilan, dan bersama Padlegan lima thani. Yang menjadi dasar kesatuan wisaya itu belumlah jelas. Ada petunjuk bahwa semua thani yang masuk ke dalam kesatuan wisaya itu diikat oleh kesatuan pranata, mungkin khususnya yang berupa tata hukum. Hal ini diisyaratkan oleh prasasti Jarin, yang mengatakan bahwa sehubungan dengan hak-hak yang diberikan oleh raja, "at-her ikan wisaya tumut sapolahni (n) dalem thani" (selanjutnya wisayanya mengikuti segala gerak dari dalem thani). Tampaknya yang disebut dalem thani itu merupakan pimpinan sekalian thani dalam satu wisaya.

Ini ditunjukkan juga oleh ungkapan dalam prasasti Hantan, yang menyatakan bahwa anugerah raja ditujukan untuk "wisaya ri Hantan rwa wlas thani makadi dalem thani" yang artinya wisaya di Hantan (meliputi) dua belas thani, dengan dalem thani sebagai yang utama.
       Gambaran mengenai keadaan tata praja dalam suatu dalem thani diberikan oleh prasasti Panumbanan. Ada sejumlah sepuluh rama, yaitu para pemuka dalem thani Panumbanan itu, yang menerima anugerah raja berupa hak-hak istimewa. Lima di antaranya hanya disebut jabatan dan namanya, sedangkan yang lainnya disebut sebagai rama atau kabayan dari duwan, yang disusuli dengan nama-nama tempat. Secara kelompok, kelima pejabat yang disebut terakhir itu disebut sebagai rama/kabayan lima duwan i dalem thani Panumbanan, sedangkan perincian tempat yang dihubungkan dengan mereka adalah (ri) Palampitan, (in) Kamburan, (i) Padaganan, (i) Byetan dan Kidulnin Pasar. Dengan ini jelas bahwa ada beberapa duwan dalam sebuah thani dan kedudukan duwan itu dihubungkan dengan tempat. Namun belum jelas hubungan duwan dengan tempat itu sebagai pengelola atau pemilik wilayah yang bersangkutan atau pula semata-mata sebagai pengelola atau pemilik sesuatu hal atau benda yang ada di tempat itu. Kakawin Sumanasantaka (pupuh XXVIII bait 2-13) bercerita mengenai sebuah thani di mana tinggal berpuluh duwan dan di rumah para duwan inilah putra raja beserta rombongan menginap. Penulis kakawin ini, yang rupanya melihat thani dengan mata seorang dari 'pusat', melukiskan keadaan thani itu, antara lain, bahwa sapinya kecil-kecil, lumbungnya kecil-kecil, dan penduduknya suka menyembunyikan pikirannya; di situ terdapat lapangan besar, juga rumah-rumah seperti yang di kota; ketika putra raja menginap ia dijaga dengan ketat dan ketika ia berada di thani itu yang yang menghadap padanya adalah para duwan dan seorang wiku haji. Di antara kelima duwan di Panumbanan yang telah disebutkan di atas, yang didudukkan paling di muka adalah duwan dari Kidulnin Pasar. Kalau 'kidul in pasar' berarti 'di sebelah selatan lapangan besar', dan duwan Kidulnin Pasar itu adalah pemimpin wilayah yang paling terkemuka dalam suatu thani (yang hanya punya satu lapangan besar), maka perlu lebih lanjut diusut persebaran pola pemukiman dalam kebudayaan Jawa, yang rupanya cenderung menempatkan tempat tinggal pemimpin tertinggi wilayahnya di sebelah selatan lapangan besar tempat berlangsungnya kegiatan-kegiatan penting dalam masyarakat.
       Kalau wisaya merupakan satuan wilayah, maka di zaman Kadiri itu dikenal pula suatu kesatuan kepala daerah sejenis. Prasasti-prasasti raja Sarwweswara menyebutkan dua macam kumpulan kepala daerah sejenis ini, yaitu samya haji katandan sakapat (OJO LXXIII) dan Samya san catur lurah (OJO LXXIV). Namun, bagaimana hubungan para haji dan lurah ini dengan penataan wilayah dan sistem pemerintahan pada masa itu belumlah jelas. Hanya saja tersirat di sini adanya itikad yang tegas dari pusat, dalam hal ini raja, untuk melakukan semacam koordinasi, atau paling sedikit pengawasan, atas pejabat-pejabat daerah. Para haji dan lurah itu memperoleh anugerah raja secara bersama-sama.

Sistem Pengawasan
       Ada suatu tanda lain bahwa pada masa Kadiri ini pengawasan dari pusat semakin ketat jika dibandingkan dengan masa-masa sebelumnya. Tanda ini adalah adanya sanksi berupa denda yang ditentukan jumlahnya dalam satuan emas atas segala pelanggaran terhadap ketentuan yang tertera dalam prasasti. Ancaman denda ini merupakan gejala tetap pada prasasti-prasasti Kadiri, sedangkan pada masa-masa sebelumnya hanya terdapat dua contoh prasasti yang memberikan ancaman denda. Jadi, yang semula merupakan eksperimen dalam pelaksanaan pengawasan, pada zaman Kadiri telah masuk ke dalam sistem peneguhan kekuasaan.
      Catatan Cina mengenai Jawa pada abad XII-XIII M (Hirth & Rockhill 1966: 77-87) menyatakan juga secara umum bahwa orang yang bersalah didenda sejumlah emas. Disebutkan pula oleh catatan itu bahwa keluarga-keluarga yang kaya dapat menimbun sampai sepuluh ribu pikul padi dalam lumbungnya. Negeri pun ramai dengan perdagangan dan makanan berlimpah. Keadaan yang dilukiskan oleh pengunjung dari Cina ini mungkin hanya mengenai ibu kota. Adapun keadaan yang khas bagi lingkungan thani adalah mungkin seperti yang dgambarkan oleh Sumanasantaka, yakni lumbung penduduknya kecil-kecil. Kalau memang demikian halnya, maka tampaknya pada zaman Kadiri ini pusat pemerintahan tempat raja bersemayam telah pula berkembang menjadi tempat pemusatan kemakmuran.
        Keadaan mengenai ibu kota, yang disebut dengan istilah nagara atau rajya  itu, banyak dilukiskan dalam kakawin-kakawin masa Kadiri. Kalau berita Cina memberikan gambaran keadaan ibu kota yang ada di luar istana, maka kakawin yang rupanya ditulis oleh pujangga-pujangga yang hidup di dalam istana itu lebih banyak menekankan pelukisannya pada keadaan di bagian dalam istana, khususnya mengenai yang indah-indah. Istana digambarkan sebagai pemusatan segala upaya dalam bidang keindahan dan kesemarakan. Raja yang memilikinya, di samping dianggap sebagai penjelmaan dewa, juga diberi kualifikasi sebagai "prasiddha guru nin gurulaghu" (sempurna sebagai guru dalam seni sastra, Sumanasantaka CLXXXII.1.). Jadi, tersirat dari sini bahwa raja juga dianggap sebagai pemimpin budaya.
       Kakawin menjelaskan bahwa bagian utama dari suatu nagara adalah istana tempat tinggal raja, yang secara khusus sering disebut dengan istilah kadatwan. Di bagian luarnya terdapat sabha, yaitu tempat para tamu atau bawahan raja menghadap. Di luarnya lagi terdapat pula alun-alun (lapangan besar) dan watanan atau wanuntur (tempat permainan atau upacara). Sering pula disebut bahwa di luar istana terdapat jalan besar yang dapat penuh sesak pada waktu ada keramaian. Di tepi-tepi alun-alun, wanuntur, dan jalan besar itu terdapat bangunan-bangunan serba menjulang, mungkin merupakan tempat-tempat tinggal para pemuka negara. Adapun kadatwannya sendiri dilukiskan sebagai dijaga oleh arca-arca dwarapala yang menakutkan. Istana dikelilingi oleh pagar bergapura yang terbuat dari batu, yang dihias pula dengan ukiran adegan-adegan cerita. Di dalam istana terdapat taman, kolam dan berbagai jenis bangunan antara lain, tempat pemujaan dewa. Demikianlah dapat dibayangkan bahwa seniman-senima terbaik perlu dikerahkan untuk membuat istana yang indah dan menakjubkan. Rupanya, rajya-rajya yang megah dan semarak itu sering (atau selalu?) dibangun dari desa yang telah ada. Hal ini diisyaratkan oleh kakawin Kresnayana (II.1) yang menceritakan bahwa Dwarawati merupakan suatu "grama hanar sinresti ginawe pura telas apageh magopura" ('desa yang baru tercipta selesai dan dijadikan istana berbenteng yang kokoh bergapura'). Suatu pertanyaan timbul, adakah penceritaan ini mengisyaratkan pula bahwa pada masa Kadiri itu masih dapat terjadi promosi dari seorang kepala daerah tingkat thani naik ke tingkat raja?
       Proses kelahiran sebuah ibu kota, dan demikian pula proses terjadinya pengelompokan masyarakat, masih merupakan pertanyaan besar. Yang dapat diketahui adalah adanya golongan-golongan tertentu dalam masyarakat. Di puncak masyarakat Jawa Kuno masa Kadiri itu terdapat raja. Di sekelilingnya, sebagai semacam perluasan dari dirinya terdapat kaum kerabatnya. Perincian dalam prasasti menyebutkan unsur-unsur kerabat itu, yaitu rajaputra, rajaputri, binihaji, dan parameswari. Mereka mempunyai hak tertentu untuk memungut hasil bumi dari penduduk. Rupanya mereka itu masing-masing mempunyai 'rumah tangga' sendiri, seperti terlihat dari pernyataan bahwa mereka mempunyai hamba (sahaya) masing-masing, hak-hak yang mereka pegang dapatlah dianggap sebagai bagian dari hak lembaga raja.
       Raja memerintah dengan bantuan kelompok pegawai yang disusun bertingkat-tingkat. Gabungan antara data prasasti dan catatan Chau Ju-kua memberikan gambaran sebagai berikut. Pada tempat teratas, terdekat dengan wewenang raja, terdapat (para) mahamantri, mungkin terdiri atas i hino, i sirikan, dan i halu. Sejumlah data tertentu dapat digunakan untuk menguatkan dugaan bahwa ketiga pejabat tertinggi itu adalah putra-putra atau saudara-saudara raja; pendeknya, kerabat raja yang mempunyai kemungkinan terdekat unutk menggantikan menjadi raja. Pada prasasti Kadiri menyebutkan mahamantri ini sangat langka. Ia menjadi penerima pertama dari ajna haji ('kehendak raja'), yang segera diturunkan ke pejabat eselon di bawahnya, yaitu kelompok tanda rakryan pakirankiran. Kelompok yang disebut terakhir inilah yang paling sering disebut dalam prasasti Kadiri, sebagai penerima dan mungkin juga pelaksana perintah raja. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa mereka eselon tertinggi dari para penyandang tugas eksekutif, sedangkan (para) mahamantri hanyalah secara formal saja ada di atas mereka.
       Kelompok pejabat tinggi yan disebut tanda rakryan pakirankiran itu rupanya duduk di pusat. Di bawah mereka terdapat kelompok pegawai yang dapat diberi tugas luar atau bahkan mungkin ditempatkan di 'daerah'. Prasasti Kadiri mengelompokkan mereka menjadi tiga, yaitu:
  1. kelompok yang terdiri dari pinhai, wahuta, rama, nayaka, pratyaya, akurug haji, wadihati, dan akudur;
  2. kelompok yang dinamakan winawa san mana katrini, terdiri dari pankur, tawan, dan tirip; 
  3. kelompok san manilala drawya haji yang diberi penjelasan lebih lanjut "wulu-wulu rin danu agon admit makadi misra paramisra..." dan seterusnya disusul oleh daftar panjang yang banyak sekali menyebut nama profesi.
Mereka ini adalah kelompok pegawai yang "hendaknya tidak mengganggu sima".

                                                            Prasasti Jaring

Lembaga Perantara
       Suatu hal yang tampak khas pada prasasti Kadiri adalah munculnya lembaga sopana ('anak tangga atau perantara') yang dapat diminta jasanya oleh seseorang atau sekelompok orang yang hendak mengajukan permohonan kepada raja. Umumnya, yang dimohon itu adalah anugerah raja berupa hak-hak istimewa. Umumnya, yang memohon adalah para pejabat dari lingkungan thani , kebanyakan para duwan. Adapun yang menjadi sopana dapat berbagai pejabat. Ia dapat seorang dari para pejabat yang biasa disebut dalam urutan pelaksana kehendak raja, seperti samgat, tirwan, rakryan apatih, rakryan kanuruhan, dan dharmmadyaksa ri kasewan, dapat pula ia merupaka pejabat yang langka penyebutannya, seperti san juru Panjalu, panajyan sri maharaja senapati sarwwajala, dan panalasan.
       Sebagai dasar pemberian anugerah raja, dikatakan bahwa si penerima itu telah "humatur mempak-ampak manambah i lbu ni paduka sri maharaja" ('berdatang sembah ke hadapan debu kaki raja') dengan melalui salah seorang pejabat tertera di atas sebagai sopana. Ini semua menunjukkan bahwa hak meningkatkan derajat seseorang dalam masyarakat dipegang oleh raja dengan mendengar nasihat atau pertimbangan dari para pejabat tinggi di sekitarnya. Juga terlihat di sini bahwa inisiatif untuk mendapat promosi itu dapat datang dari bawah. Pernyataan yang demikian tegas mengenai lancarnya lalu lintas dua arah ini tak tampak pada masa-masa sebelum dan sesudah Kadiri.
       Beberapa prasasti Kadiri yang berkenaan dengan pemberian anugerah raja sehubungan dengan jasa-jasa kemiliteran, memerinci para penerima anugerah itu, yang rumusan nama dan gelarnya merupakan kekhasan masa Kadiri pula. Mereka ini masing-masing disebut dengan rumusan:
       jabatan -- (nama) -- makasirkasir -- X, misalnya:
       anrankepi nama Gorontol akakasir macan menun
       arankepi nama Sakati makasirkasir manjanan puguh.
Yang disebut di belakang makasirkasir pada umumnya mengandung nama binatang. Dengan menggunakan data kakawin, berita Chau Ju-kua dan pertimbangan arti kata dapatlah diajukan penafsiran bahwa 'akakasir X' mempunyai arti 'yang berlambangkan X'. Selanjutnya, dapat pula diajukan dugaan bahwa mereka masing-masing mempunyai anak buah yang bernaung di bawah panji-panjinya dan menyandang tugas ketentaraan secara ex officio. Sementara itu, mereka tetap memegang jabatan dan tugasnya yang pokok sebagai kabayan, juru wereh, buyut hadyan, anrakepi, dan lain-lain. Mereka ini pada kesempatan tertentu ikut dalam prosesi panjang mengiringkan raja.
      Mungkin zaman Kadiri juga ditandai oleh adanya upaya yang berencana untuk membentuk 'tentara nasional'. Di antara pegawai raja yang tergolong ke dalam manilala drawya haji termasuk profesi-profesi ketentaraan, seperti mamanah ('ahli mempergunakan panah/mereka yang bersenjata panah'), magalah ('ahli/yang bersenjatakan tongkat panjang/tombak'), magandi ('ahli/yang bersenjatakan kapak'), maliman ('ahli gajah/anggota pasukan gajah'), makuda ('ahli/anggota pasukan kuda'), dan mungkin juga pakarapan ('ahli sapi pacu'). Di satu pihak kerajaan memberikan latihan ketrampilan menggunakan peralatan perang, baik yang berupa senjata maupun tunggangan, dan dalam pada itu juga menyusun organisasi ketentaraan, yaitu mengatur pengelompokannya di bawah naungan panji-panji tertentu. Namun, data yang ada belum memberikan kejelasan mengenai hubungan antara kelompok-kelompok profesional yang tergolong manilala drawya haji itu dan pemimpin-pemimpin pasukan yang panji-panjinya berupa penggambaran tertera di atas.
       Suatu hal yang perlu mendapat perhatian pula dari prasasti-prasasti Kadiri adalah kenyataan bahwa sebagian besar daripadanya dikeluarkan dalam rangka pemberian 'anugraha pamuwuh' (anugerah tambahan) atas suatu anugerah sebelumnya yang pernah diberikan oleh seseorang (raja) yang telah meninggal. Bahwa suatu prasasti perlu dikeluarkan untuk meneguhkan status yang telah ada, menunjukkan bahwa penilikan dari atas cukup ketat. Atau engan kata lain: kekuasaan pusat makin besar, sehingga kalau yang empunya hak di bawah tidak waspada atau tidak mengurusnya, ia dapat kehilangan hak itu. Dapat pula diduga bahwa pemberian hak-hak tambahan yang disebutkan dalam prasasti-prasasti Kadiri itu menyangkut imbalan dari pihak yang diberi anugerah, berupa keterikatan yang lebih besar. Di sisi lain adalah; ada pula kiranya lingkungan-lingkungan terpencil yang tidak ikut dalam 'derap pembangunan' yang dipimpin oleh raja-raja Kadiri itu. Contoh darinya ditunjukkan oleh prasasti "Karangreja", yang dengan sederhananya memperingatkan akan anugerah dari mendiang rahyanta Sanjaya kepada (para) brahmana (tertentu) yang berupa sejumlah kecil hak-hak istimewa. Campur tangan raja atas jasa para pejabat pemerintahan Kadiri dalam hal ini rupanya tidak diperlukan.
       Demikianlah telah dipaparkan secara ringkas bebrapa data mengenai keadaan masyarakat masa Kadiri, khususnya dalam ruang lingkup wewenang kerajaan Kadiri. Tampak dari data Kadiri itu adanya hubungan yang ramai antara rajya sebagai pusat kekuasaan dan pusat kebudayaan dengan thani sebagai sumber kemakmuran. Thani, yang pada dasarnya merupakan kaum petani, pada taraf ini telah berkembang menjadi pusat-pusat pemerintahan lokal, lengkap dengan kelompok pejabatnya. Telah pula terkandung di dalamnya berbagai fungsi. Di samping fungsi pertamanya sebagai penghasil hasil bumi, thani telah melengkapi dirinya dengan kemampuan-kemampuan memproduksikan hal-hal lain, yaitu ternak dan benda-benda hasil industri kecil. Pemerintahan thani pada taraf ini rupanya sudah lebih berkembang pula. Ia tidak lagi hanya terdiri dari pejabat-pejabat yang fungsional dalam urusan pertanian dan segala yang berkaitan dengannya. Rupanya telah tumbuh pula golongan pemuka di eselon thani ini yang berperan sebagai middlemen, yaitu orang-orang yang punya jalur hubungan dengan pusat kekuasaan (Foster, 1963: 1173-1192). Contohnya adalah para duwan. Merekalah yang senantiasa mengambil peran untuk maju memohon dan akhirnya menerima anugerah raja. Sehubungan dengan mereka itulah juga yang merupakan contact person di thani bagi raja dan para pejabat tertinggi di pusat tersirat dari penceritaan Sumanasantaka bahwa ketika putra raja berkunjung ke thani, yang menghadap dan menemuinya adalah para duwan.
       Dengan begitu banyaknya hak-hak istimewa yang diberikan kepada para duwan itu, ada beberapa hal yang dapat disimpulkan. Pertama, perluasan pemilikan hak-hak itu dari lingkungan rajya ke lingkungan thani dapat diartikan sebagai berfungsi pembudayaan. Pengembangan ('sophistication') gaya hidup yang telah terbentuk di pusat disebarkan ke daerah. Dalam hubungan ini, permohonan dan pemberian anugraha pamuwuh dapat diartikan sebagai up-dating atas gaya hidup atau lebih tepat penampakan status, yang mutakhir. Hak-hak istimewa yang merupakan lambang status itu meliputi berbagai hal, yakni memiliki rumah yang mempunyai unsur-unsur tertentu, menggunakan hiasan-hiasan tertentu, memasang sepasang payung kebesaran, menanam tanam-tanaman tertentu di depan rumah, berperilaku secara tertentu di depan umum, dan seterusnya. Hak-hak istimewa yang baru mungkin tumbuh dengan adanya perkembangan teknik dan kesenian.
       Penyimpulan kedua, adalah bahwa permohonan akan peningkatan status itu dapat pula disebabkan oleh bertambah kuatnya kedudukan thani dalam perekonomian negara yang disebabkan oleh terjadinya surplus produksi thani. Dengan keadaan itu, maka para pejabat thani merasa berani menuntut peningkatan status sesuai dengan ukuran pusat. Hal ini mungkin, dan ini yang tak pernah tertulis dalam prasasti, merupaka imbalan dari hak-hak istimewa yang diberikan kepada para duwan itu, para duwan yang mungkin bertugas sebagai pengelola penghasilan thani itu harus menyerahkan jumlah yang lebih besar dari hasil-hasil thani itu ke pusat. Ihwal tukar-menukar ini pada dasarnya mengandung unsur reciprocity dan bertujuan redistribution (1957-1959). Dalam hal ini, pertukaran terjadi dalam rangka orientasi ke atas. Artinya, adalah bahwa para duwan mengakui keunggulan wibawa raja. Di luar itu, di antara penduduk yang di desa maupun di ibu kota, rupanya terjadi juga market exchange yang biasa. Ini dilakukan dengan menggunakan uang yang terbuat dari kepingan-kepingan logam, seperti yang diberitakan oleh Chau Ju-kua.
        Munculnya para duwan dalam lingkungan thani yang diperlengkapi dengan tanda-tanda kebesaran para bangsawan 'seperti yang di ibu kota', merupakan perwujudan munculnya kelas baru dalam lingkungan thani, yaitu kelas bangsawan lokal. Namun, meskipun mereka berorientasi ke pusat dalam bidang kebudayaan, dalam beberapa bidang hukum dan pemerintahan 'daerah' mereka tetap menyatakan kemandirian dengan menetapkan diri sebagai swatantra (berdiri sendiri, otonomi).
       Akhirnya, sebagai rangkuman dapat dikemukakan bahwa zaman Kadiri merupakan zaman keemasan dalam sejarah kuna Indonesia. Ini ditandai oleh memuncaknya kreativitas yang seimbang di pusat dan di daerah. Pusat memimpin dalam memperkembangkan kesusastraan dan mungkin arsitektur, sedangkan daerah memegang kunci dalam peningkatan produksi. Sementara itu, pusat dan daerah secara bersama memperkembangkan sistem pemerintahan yang memungkinkan komunikasi yang lancar dan terarah.

CATATAN
1. Prasasti-prasasti masa Kadiri yang digunakan dalam pembahasan ini adalah:
a. Padlegan I, Saka 1038, OJO LXVII
b. Panumbanan I, Saka 1042, OJO LXIX
c. "Karangreja", Saka 10(56)
d. Hantan, Saka 1057, OJO LXVIII
e. Talan, Saka 1058, OJO LXX
f. Jarin, Saka 1103, OJO LXXI
g. Ceker, Saka 1107, OJO LXXII
h. "Kemulan", Saka 1116, OJO LXXIII
i. Palah, Saka 1119, OJO LXXIV
j. Biri, Saka (1124), OJO LXXVI
k. "Sirahketing", Saka 1126, OJO LXVI
2. Adapun sumber mengenai catatan Cina adalah: Friedrich Hirth and W.M. Rockhill, Chau Ju-kua: His work on the Chinese and Arab trade in the twelfth and thirteenth centuries, entitled Chu-fan-chi, Oriental Press, Amsterdam, 1966.
3. Tempat-tempat yang meberikan deskripsi mengenai kota di mana raja bertempat tinggal ini adalah:
       Hariwangsa                       II.9-12; LI.2-3                   Dwarawati
       Bharatayuddha                V.2                                     Hastina
       Ghatotkacasraya             II.4-6                                 Dwarawati
       Kresnayana                      III.1; III.1-3; IV.1-2          Dwarawati
       Sumanasantaka              XX.2                                 Widarbha
       Bhomakawya                  I.11-16; XLI.11-12           kuta musuh

Oleh Edi Sedyawati 
Baca Selanjutnya ..

About this blog

Aku memandang suka dan duka
Berganti-ganti di dalam hati

Apa gerangan masa di muka
Jadi bangsa yang kucinta ini
Adakah tanda megah kembali
(Sanusi Pane, Puspa Mega)

My Blog List

Consectetuer

Popular

Blogroll

Total Tayangan Halaman

About

Labels

Labels

Dari Mana

widget

Translate

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Labels

Labels

EDIT DESCRIPTION HERE

Followers

Search This Blog